Private Blog Network … Apa itu… ???

0
112
Apa itu PBN .? PBN (Private Blog Networks) adalah sekumpulan blog yang sengaja diciptakan dari expired domain yang memiliki criteria tertentu untuk keperluan backlinking dan SEO. Private Blog Networks dapat menjadi senjata yang ampuh dalam SEO, selain itu kita mempunyai control yang penuh terhadap sumber backlink ini. Dalam membuat blog network kita harus memperhitungkan budget dan waktu yang akan diperlukan untuk mengurus PBN ini, jangan sampe malah kelamaan mengurus PBN daripada moneysite.
PBN Biasanya terdiri dari high PR domain yang memiliki IPs yang berbeda. Kita bisa mengarahkannya ke money site atau bahkan ke backlink lain untuk keperluan indexing. PBN biasanya lebih mengandalkan kekuatan dari domain yang sudah ber page rank dan telah mempunyai backlink sebelumnya. Karena untuk memelihara PBN ini juga membutuhkan waktu dan pekerjaan yang tidak sedikit. Untuk itu dalam membangun PBN ada beberapa criteria khusus seperti minimal page rank 4 (supaya kalo drop tidak terlalu jauh atau ada jeda ke page rank 0), domain masih memiliki backlink dan lain sebagainya.

Di era Penguin 2.1, private blog network juga berisiko dimana PBN dapat lebih mudah ditemukan oleh Google dan dapat menyebabkan penalty. Untuk itu setelah era Penguin banyak para praktisi SEO yang menggunakan blog network untuk indexing backlink dan memberikan power untuk backlink yang lebih berkualitas.

Cara membuat Blog Network. Anda bisa menggunakannya untuk SEO anda sendiri atau Link Sales.

  1. Pakai Aged domain method
  2. Hosting harus berbeda IPs dan harus stabil 100% uptime
  3. Buatlah beberapa content yang tidak jauh berbeda dengan content asalnya atau sisipkan beberapa artikel yang masih berhubungan dengan content sebelumnya (wayback machine)
  4. Pilihlah template yang jika ada hyperlink masih menyerupai template tersebut
  5. Spun content tak masalah (sebiknya original artikel juga)
  6. Format halaman yang baik, header, paragraph, images, video, outbond authority link.
  7. Lakukan link building untuk menjaga PR aged domain anda, cara mudahnya gunakan inner page dari domain yang lain (masih blog network) yang ber PR,
  8. PR biasanya mengalami fluktuasi tapi selama tidak de-index maka tidak menjadi masalah
Domain
Kriteria domain yang bagus untuk PBN
  1. Page Rank 3 keatas
  2. Valid PR domain (Jika fake maka kita bisa membuatnya valid tetapi butuh waktu)
  3. Domain masih terindex di Google
  4.  DA 20 + dan PA20 + (Open Site Explorer) (bisa ditingkatkan sendiri)
  5. MozTrust (mT) , Citation Flow (CF) 15 + dan Trust Flow (TF) 15 + (Open Site Explorer)
  6. Tidak lebih dari 2 kali drop
  7. Dmoz and yahoo backlinks (Optional)
  8. Referring Domain 10 +
  9. Masih memiliki backlink 20 +(Ahrefs) yang masih relevant terhadap website tersebut, hindari spam links, backlink dari bahasa berbeda (e.g. web bahasa China), backlink yang berasal dari website adult yang masuk ke website tersebut. Gunakan kualitas bukan quantitas.

Cara Merawat PBN

  1. PBN memiliki original artikel, masih diperbolehkan memakai artikel kualitas rendah tetapi diharapkan 100% unique, hindari spun content, kalaupun terpaksa maka pakailah ThebestSpinner minimal 80% unique atau translated articles.
  2. PBN minimal memiliki 5 posting artikel
  3.  Pastikan selalu mengupdate wp ke versi terbaru, theme, plugin selalu update
  4. Plugin yang bervariasi tiap web (jika memakai plugin)
  5. Posting artikel teratur, 1 minggu sekali, 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali
  6. Memberikan backlink yang wajar terhadap PBN. Untuk menjaga PR / DA / PA atau kualitas PBN tersebut maka dibutuhkan backlink memiliki PR / DA / PA yang bagus pula. Backlink untuk PBN yang sering saya gunakan adalah High PR blog comments, Social bookmarking, forum posting, biasanya tipe backlink tersebut lebih cepat terindex daripada yang lainnya. Sedikit tapi berkualitas lebih baik daripada memakai Spam links. Gunakan tools / GSA dengan metode safelinks.

Niche yang disarankan untuk PBN?

  1. Blog yang satu niche, misal mau nembak keyword obat herbal maka buatlah PBN tentang pengetahuan obat herbal
  2. Blog pendidikan
  3. Blog personal / pribadi, membahas masalah pribadi tetapi mendekati niche. misal dia posting tentang: Thanks God, kakek saya sembuh penyakitnya gara-gara obat herbal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here